Menjadi Professional IT Auditor dengan CISA

CISA

Sertifikasi CISA ini sangat menguntungkan untuk masa depan di dunia IT, dengan sertifikasi ini Anda akan lebih dipercaya sebagai auditor IT, dan peluangnya sangat besar dalam meraih penghasilan di bidang IT Auditor, karena pesaingnya masih sedikit terutama di Indonesia.

CISA ini diselengarakan oleh badan internasiona yang dinamakan ISACA (Information Systems Audit and Control Association). Untuk mendapatkan sertifikat ini Anda harus daftar ke ISACA secara online dan mengikuti persyaratan dari badan tersebut.

Sertifikasi CISA ini sudah berlangsung sejak tahun 1978. Pengaturan dalam ujian CISA yang pertama dilaksanakan pada tahun 1981, dan jumlah pendaftar selalun bertambah pada tiap tahunnya. Hampir di atas 60,000 auditor sudah berpenghasilan dari CISA tersebut.

Calon-calon yang akan mengikiuti sertifikasi CISA harus melewati ujian tertulis selanjutnya harus setuju pada aturan ISACA , Professional Ethics, menyerahkan bukti dari sedikitnya lima tahun profesional adalah auditing,pengedalian , atau keamanan IT dan lainnya.

Keberhasilan dalam ujian CISA, menuntut kandidat memiliki kesiapan khusus dan juga pengalaman yang memadai di bidang audit sistem informasi. Untuk itu, CISA diakui secara internasional sebagai professional dengan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan kredibilitas dengan standar leverage, mengelola kerentanan, memastikan kepatuhan, menawarkan solusi, kontrol lembaga dan memberikan nilai bagi perusahaan.

Berikut adalah daftar top tips untuk lulus Ujian CISA :

  1. Kupas Tuntas CRM

ISACA menyediakan Ulasan Manual (CRM) yang berfungsi sebagai panduan untuk ujian CISA. CRM membahas semua rincian yang terkait dengan ujian CISA dan mendefinisikan peran dan tanggung jawab dari suatu sistem informasi auditor.

  1. Praktik CISA Review Pertanyaan dan Jawaban

Calon peserta dapat menggunakan sampel pertanyaan dan jawaban untuk memahami konsep yang sulit  dan meningkatkan persiapan ujian  CISA dalam mencapai sertifikasi CISA. Pertanyaan-pertanyaan review dan jawaban dirancang untuk memberikan gambaran dari ujian CISA.

  1. Pengalaman Dalam Sistem Informasi Audit

Untuk memenuhi syarat dalam program sertifikasi profesional seperti CISA, sangat penting untuk mendapatkan pengalaman di bidang praktis. IT audit yang sama seperti jenis audit lainnya namun dengan lingkup yang berbeda. Seorang profesional harus memiliki gagasan tentang pemahaman proses bisnis, pemeriksaan lingkup definisi, perencanaan audit dan pelaporan dalam hal industri nyata.

  1. Mengelola Jam Belajar

Menjadi seorang profesional, bisa sulit bagi calon untuk mengelola jam belajar untuk persiapan ujian CISA. Namun, mengelola jam belajar per bidang studi sangat penting untuk meraih sukses dalam ujian CISA. Satu dapat mendedikasikan 1-2 jam secara teratur untuk meningkatkan ujian mereka persiapan CISA menuju pilar kesuksesan.

  1. Bergabunglah pada CISA Grup dan Forum

Peserta dapat bergabung dengan kelompok CISA dan forum untuk berinteraksi dengan calon peserta CISA ataupun alumni CISA yang sudah lulus ujian. Ada berbagai forum diskusi di sertifikasi CISA. Platform tersebut dapat menyediakan baik pengetahuan teoritis dan praktis tentang IS audit dan dengan demikian membantu meningkatkan  persiapan ujianCISA menuju pencapaian kelulusan yang terbaik.

  1. Ikut dalam Training CISA Exam Preparation Class

Calon peserta dapat mengikuti training dalam persiapan mengikuti ujian CISA yang diadakan oleh organisasi atau lembaga-lembaga training. Hal ini dapat memudahkan calon peserta dalam menangkap garis merah apa saja yang keluar saat nanti ujian CISA dan dengan melakukan training CISA ini calon peserta akan menambah pertemanan dengan calon peserta lainnya yang sebelumnya belum calon peserta kenal. Hal ini bisa menjadi hal yang positif untuk saling share dan menjadi rekan untuk belajar bersama.

Tujuan dari program CISA Exam Preparation ini adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan sarana untuk memotivasi IS auditor dalam mengevaluasi kompetensi individu dan memelihara maupun memperbaharui kemampuan mereka
  • Menyediakan kriteria untuk membantu manajemen dalam pemilihan personel dan untuk pengembangan.

Manfaat Program CISA Exam Preparation

  • Membantu persiapan untuk mengikuti ujian dan memperbesar peluang lulus tes ujian CISA.
  • Menambah pengetahuan dan ketrampilan audit sistem informasi.
  • Memahami common body of knowledge (CBOK) audit sistem informasi
  • Mengenali situasi ujian dan karakteristik soal serta memahami bagaimana cara menjawab soal multiple choice
  • Mempersiapkan diri secara optimal dalam mengikuti ujian CISA Syllabus
  • IS Audit Process
  • IT Governance
  • Systems and Infrastructure Lifecycle Management
  • IT Service Delivery and Support
  • Protection Information Assets
  • Business Continuity and Disaster Recovery
  • Exam Simulation

 

sumber: http://itgid.org/menjadi-professional-it-auditor-dengan-sertifikasi-cisa/

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *